Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Kelas IX Semester 1

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Kelas IX Semester 1
No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
  Mendengarkan  
1 Memahami makna yang terdapat  1.1Merespon makna yang terdapat dalam 
  dalam percakapan transaksional       percakapan transaksional ( to get things done )
  dan interpersonal lisan pendek        dan interpersonal ( bersosialisasi ) pendek
  sederhana untuk berinteraksi dalam       pendek sederhana secara akurat, lancar,  dan
  konteks kehidupan  sehari-hari      berterima untuk berinteraksi dalam konteks
         kehidupan sehari-hari yang melibatkan 
         tindak tutur : meminta dan memberi kepastian,
         serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
    1.2.Merespon makna yang terdapat 
          dalam percakapan transaksional 
          ( to get things done ) dan interpersonal
          ( bersosialisasi ) pendek sederhana secara
          akurat, lancar, dan berterima untuk
          berinteraksi dalam konteks kehidupan
          sehari-hari yang melibatkan 
          tindak tutur : Meminta Pengulangan, menunjukan 
     perhatian dan menyatakan kekaguman
     
2 Memahami makna yang terdapat  2.1.Merespon makna yang terdapat 
  dalam teks lisan fungsional dan monolog       dalam teks lisan fungsional
  pendek pendek sederhana dalam bentuk        pendek sederhana
  procedure dan report untuk berinteraksi       secara akurat, lancar 
  dalam konteks kehidupan sehari-hari       dan berterima untuk berinteraksi 
          dalam konteks kehidupan sehari-hari.
     
    2.2.Merespon makna yang terdapat 
          dalam monolog pendek pendek sederhana
          secara akurat, lancar dan 
          berterima untuk berinteraksi 
          dalam konteks kehidupan sehari-hari 
          dalam teks berbentuk procedure dan report 
  Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
  Berbicara  
3 Mengungkapkan makna yang terdapat  3.1.Mengungkapkan makna yang terdapat 
  dalam percakapan transaksional        dalam percakapan transaksional 
  dan interpersonal lisan pendek pendek        ( to get things done ) dan
  sederhana untuk berinteraksi dalam        interpersonal ( bersosialisasi )
  konteks kehidupan sehari-hari       pendek sederhana dengan menggunakan 
          ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, 
          dan berterima untuk berinteraksi 
          dengan lingkungan terdekat yang melibatkan 
          tindak tutur : meminta dan memberi kepastian dan
    mengungkapkan dan menanggapi keraguan
     
    3.2.Mengungkapkan makna yang terdapat 
          dalam percakapan transaksional 
          ( to get things done ) dan
          interpersonal ( bersosialisasi )
          pendek sederhana secara dengan menggunakan 
          ragam  bahasa lisan secara akurat, lancar, 
          dan berterima untuk berinteraksi 
          dengan lingkungan terdekat yang melibatkan 
          tindak tutur : meminta pengulangan, menunjukan
    perhatian dan menyatakan kekaguman
     
4 Mengungkapkan makna yang terdapat  4.1.Mengungkapkan makna 
  dalam teks lisan fungsional dan monolog       dalam bentuk teks lisan fungsional
  pendek pendek sederhana dalam bentuk        pendek sederhana dengan mengunakan 
  procedure dan report untuk berinteraksi       ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
  dalam konteks kehidupan sehari-hari       dan berterima untuk berinteraksi 
          dalam konteks kehidupan sehari-hari.
     
    4.2.Mengungkapkan makna 
          dalam monolog pendek sederhana
          dengan menggunakan ragam bahasa lisan
          secara akurat, lancar dan 
          berterima untuk berinteraksi 
          dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam 
          teks berbentuk procedure dan report
  Membaca  
5 Memahami makna teks tulis fungsional 5.1.Membaca nyaring bermakna teks
  dan esay pendek pendek sederhana        fungsional dan esay berbentuk procedure 
  berbentuk procedure dan report   yang       dan  report  
  berkaitan dalam konteks        dengan ucapan, tekanan, dan
  kehidupan sehari-hari       intonasi yang berterima yang berkaitan
    dalam konteks kehidupan sehari - hari
     
    5.2.Merespon makna yang terdapat 
          dalam teks tulis fungsional
          pendek sederhana
          secara akurat, lancar yang
          berterima yang berkaitan 
          dalam konteks kehidupan sehari-hari
     
    5.3.Merespon makna dan langkah retorika dalam
          esai pendek sederhana secara akurat,
          lancar dan berterima yang berkaitan
          dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk
         procedure dan report 
  Menulis  
6 Mengungkapkan makna yang  6.1.Mengungkapkan makna 
  terdapat dalam      dalam bentuk
  teks tulis fungsional dan esay pendek        teks tulis fungsional 
  pendek sederhana berbentuk procedure        pendek sederhana dengan
  dan report  yang berkaitan dalam        menggunakan ragam bahasa tulis 
  konteks kehidupan sehari-hari       secara akurat, lancar dan 
          berterima untuk berinteraksi
          dalam konteks kehidupan sehari-hari
    6.2.Mengungkapkan makna dan
          langkah retorika dalam esay pendek 
          sederhana dengan menggunakan ragam  
          bahasa tulis secara akurat,
          lancar dan berterima untuk berinteraksi
          dalam konteks kehidupan sehari-hari
          dalam teks berbentuk procedure dan report
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Semester 2
  Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
  Mendengarkan  
7 Memahami makna yang terdapat  7.1.Merespon makna yang terdapat 
  dalam percakapan transaksional        dalam percakapan transaksional 
  dan interpersonal pendek sederhana       ( to get things done ) dan
  untuk berinteraksi dalam konteks        interpersonal ( bersosialisasi )
  kehidupan sehari-hari       pendek sederhana secara akurat, lancar, 
          dan berterima untuk berinteraksi 
    dalam konteks kehidupan sehari - hari yang
    melibatkan tindak tutur mengungkapkan 
    kesantunan
     
     
     
     
    7.2.Merespon makna yang terdapat 
          dalam percakapan transaksional 
          ( to get things done ) dan interpersonal 
          ( bersosialisasi ) pendek pendek sederhana secara
          akurat, lancar, dan berterima untuk
          berinteraksi dalam konteks kehidupan
          sehari - hari yang melibatkan tindak tutur 
    memberi berita  yang menarik perhatian 
    dan memberi komentar terhadap berita.
     
     
     
     
8 Memahami makna yang terdapat  8.1.Merespon makna yang terdapat 
  dalam teks lisan fungsional dan monolog       dalam teks lisan fungsional  pendek pendek 
  pendek pendek sederhana dalam bentuk        sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk 
  narrative dan report untuk berinteraksi       berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  dalam konteks kehidupan sehari-hari  
     
     
    8.2.Merespon makna yang terdapat 
          dalam monolog pendek pendek sederhana
          secara akurat, lancar dan 
          berterima untuk berinteraksi 
          dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam 
          teks berbentuk narrative dan report
  Berbicara  
9 Mengungkapkan makna 9.1.Mengungkapkan makna yang terdapat 
  dalam percakapan transaksional        dalam percakapan transaksional 
  dan interpersonal dan monolog pendek       ( to get things done ) dan interpersonal
  sederhana berbentuk narative dan report       ( bersosialisasi ) pendek sederhana dengan menggu-
   untuk berinteraksi dalam        nakan ragam bahasa lisan secara
  konteks kehidupan sehari-hari       akurat, lancar, dan berterima untuk
        berinteraksi dalam konteks 
    kehidupan sehari - hari yang melibatkan tindak
    tutur mengungkapkan kesantunan.
     
     
     
     
    9.2.Mengungkapkan makna yang terdapat 
          dalam percakapan transaksional 
          ( to get things done ) dan interpersonal 
          ( bersosialisasi ) pendek pendek sederhana dengan 
          menggunakan ragam bahasa lisan secara
          akurat, lancar, dan berterima untuk
          berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari -
    hari yang melibatkan tindak tutur :
    memberi perhatian yang menarik perhatian
    dan memberi komentar terhadap berita.
     
     
     
     
10 Mengungkapkan makna yang terdapat  10.1.Mengungkapkan makna yang terdapat 
  dalam teks lisan fungsional dan monolog         dalam teks lisan fungsional
  pendek sederhana dalam bentuk          pendek sederhana dengan menggunakan  
  narrative dan report untuk berinteraksi         ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
  dalam konteks kehidupan sehari-hari         dan berterima untuk berinteraksi 
            dalam konteks kehidupan sehari-hari 
    10.2.Mengungkapkan makna 
            dalam monolog pendek sederhana
            dengan menggunakan ragam bahasa lisan
            secara akurat, lancar dan 
            berterima untuk berinteraksi 
            dalam konteks kehidupan sehari-hari 
     dalam teks berbentuk
            narrative dan report
  Membaca  
11 Memahami makna teks tulis  11.1.Membaca nyaring bermakna teks
  fungsional dan esay pendek pendek          fungsional dan esay pendek pendek sederhana   
  sederhana berbentuk          berbentuk narrative dan report dengan
  narrative dan report yang         ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima
  berkaitan dalam konteks          dan berkaitan dalam konteks kehidupan
  kehidupan sehari-hari  sehari-hari
    11.2.Merespon makna yang terdapat 
            dalam teks tulis fungsional pendek sederhana
            secara akurat, lancar dan berterima  untuk
            berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
    11.3.Merespon makna dan langkah retorika dalam
            esai pendek sederhana secara akurat,
            lancar dan berterima 
    untuk berinteraksi
          dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk
            narrative dan report
Menulis
  Menulis  
12 Mengungkapkan makna yang  12.1.Mengungkapkan makna yang  terdapat
  terdapat dalam         dalam bentuk teks tulis fungsional pendek
  teks tulis fungsional dan esay pendek          sederhana dengan  menggunakan ragam
  pendek sederhana berbentuk narrative          bahasa tulis secara akurat, lancar dan 
  dan report untuk berinteraksi dalam          berterima untuk berinteraksi dengan
  konteks kehidupan sehari-hari konteks kehidupan  sehari - hari.
    12.2.Mengungkapkan makna dan
            langkah retorika dalam esay pendek 
            sederhana dengan menggunakan ragam  
            bahasa tulis secara akurat,  lancar dan
            berterima untuk berinteraksi dalam konteks
    kehipupan sehari - hari dalam teks
            berbentuk  recount dan narrative dan report
                                       Wates, 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah                                 Diperiksa                                             Guru Mata Pelajaran
Suryono S.Pd                              TH.I.Sumiati,Spd                                Suwarti, S.Pd
NIP.19550831 197803 1 005   NIP. 19510725 197603 2 003         NIP. 19650612 198903 2 009

0 komentar:

Posting Komentar